PERTANYAAN-PERTANYAN INI
BUKAN DIMAKSUDKAN SEBAGAI TES, TETAPI HANYA UNTUK MENUNJUKKAN BAGAIMANA CARA
ANDA MEMPEROLEH INFORMASI. PILIH SALAH SATU JAWABAN UNTUK SETIAP KALIMAT YANG
PALING MEWAKILI CARA ANDA BEREAKSI DALAM SITUASI TERSEBUT :
1. Ketika berbicara,
anda :
a.
berbicara dengan tempo cepat
b.
berbicara dengan tempo sedang
c.
berbicara dengan tempo lambat
2. Apa yang
paling anda ingat ?
a.
orang, lingkungan, wajah
b.
perkataan, suara, makna
c.
kejadian, peristiwa, emosi
3. Bagaimana
cara anda menghapal ?
a.
menulisnya berulang-ulang
b.
mengulangi kata-kata sekeras mungkin
c.
menghapalnya sambil berjalan-jalan
4. Apakah
yang bisa membuat anda terganggu ?
a.
benda-benda di sekitar anda
b.
suara
c.
gerakan
5. Ketika
mengeja sebuah kata, yang anda lakukan adalah :
a.
membayangkan kata itu
b.
menyebutnya dengan keras
c.
menuliskannya
6. Apa yang
lebih anda sukai ?
a.
lukisan
b.
musik
c.
menari/ olah raga
7. Ketika
mendapat petunjuk cara passing, apa yang lebih anda sukai ?
a.
diberi gambar untuk ditirukan
b.
diberi tahu dengan kata-kata bagaimana cara melakukannya
c.
diberi contoh untuk diperagakan secara langsung
8. Mana yang
lebih sering anda katakan :
a.
kelihatannya bagus
b.
kedengarannya bagus
c.
rasanya enak
9. Ketika
membaca, apa yang anda lakukan ?
a.
melihat bacaan sambil membaca dalam hati
b.
membaca dengan bersuara
c.
menggunakan jari untuk menunjuk bagian yang dibaca
10 Ketika
ingat pasar, apa yang pertama kali muncul dalam pikiran anda ?
a. pemandangan tentang orang-orang
yang berbelanja dan barang-barang yang diperjualbelikan
b.
ramainya suara orang-orang di pasar
c.
orang-orang yang hilir mudik dan lalu lalang di pasar
11. Ketika
akan tidur, apa yang terpenting buat anda ?
a.
kamar yang gelap/samar/terang
b.
kamar yang tenang tidak berisik
c.
tempat tidur yang nyaman
KUNCI
TES GAYA BELAJAR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN
Hitung berapa jumlah
jawaban anda yang memilih a, b, atau c :
Jika jawaban anda lebih
banyak A ANDA SEORANG PEMBELAJAR VISUAL
Jika jawaban anda lebih
banyak B ANDA SEORANG PEMBELAJAR AUDITORI
Jika jawaban anda lebih
banyak C ANDA SEORANG PEMBELAJAR KINESTESIS
IMPLIKASINYA DALAM
PEMBELAJARAN
JIKA ANDA SEORANG PEMBELAJAR VISUAL
Gunakan sketsa, grafik,
diagram dari apa yang sedang anda pelajari
Ketika membaca teks,
gunakan spidol warna untuk menandai informasi penting / baru
Pejamkan mata, buat
bayangan, gunakan imaginasi dari subyek yang sedang anda pelajari
JIKA ANDA SEORANG PEMBELAJAR AUDITORI
Gunakan suara keras ketika
membaca, buat suara anda bervariasi untuk memperkuat ingatan
Gunakan kaset untuk
merekam ceramah guru atau suara anda sendiri ketika membaca, dan anda dapat
memutar kembali ketika belajar
Belajarlah bersama teman /
berdiskusi, ini merupakan cara yang baik untuk memanfaatkan kekuatan auditori
anda
Pada akhir pembelajaran
atau diskusi kelas / kelompok, catatlah kata-kata kunci tentang materi yang
dipelajari. Ini akan merangsang diskusi internal tentang apa yang terjadi
selama diskusi.
JIKA ANDA SEORANG PEMBELAJAR KINESTESIS
Peragakan apa yang sedang
anda pelajari
Gunakan spidol warna untuk
menandai informasi penting / baru
Tandai setiap akhir
paragrap yang telah anda baca dan pahami
Jika mungkin,
berjalan-jalanlah sewaktu membaca atau mendengarkan
Buatlah peta belajar dari
materi yang sedang anda pelajari
SEMAKIN BANYAK INDERA YANG
ANDA LIBATKAN,
SEMAKIN KUAT KESAN YANG
ANDA PEROLEH
SEMAKIN BANYAK CARA ANDA
DAPAT MENJAJAKI
SUBYEK PEMBELAJARAN ANDA,
SEMAKIN BANYAK INFORMASI
YANG ANDA PEROLEH
JANGAN BERGANTUNG PADA
SATU INDRA UTAMA YANG ANDA SUKAI,
TETAPI COBALAH
MENAMBAHKAN UNSUR-UNSUR
LAIN UNTUK MENCIPTAKAN PROSES BELAJAR YANG MENGGUNAKAN MULTISENSORI
ٱلْØَÙ…ْدُ Ù„ِÙ„َّÙ‡ِ رَبِّ
ٱلْعَٰÙ„َÙ…ِين