Tes Gaya Belajar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

PERTANYAAN-PERTANYAN INI BUKAN DIMAKSUDKAN SEBAGAI TES, TETAPI HANYA UNTUK MENUNJUKKAN BAGAIMANA CARA ANDA MEMPEROLEH INFORMASI. PILIH SALAH SATU JAWABAN UNTUK SETIAP KALIMAT YANG PALING MEWAKILI CARA ANDA BEREAKSI DALAM SITUASI TERSEBUT :
1. Ketika berbicara, anda :
a. berbicara dengan tempo cepat
b. berbicara dengan tempo sedang
c. berbicara dengan tempo lambat


2. Apa yang paling anda ingat ?
a. orang, lingkungan, wajah
b. perkataan, suara, makna
c. kejadian, peristiwa, emosi

3. Bagaimana cara anda menghapal ?
a. menulisnya berulang-ulang
b. mengulangi kata-kata sekeras mungkin
c. menghapalnya sambil berjalan-jalan

4. Apakah yang bisa membuat anda terganggu ?
a. benda-benda di sekitar anda
b. suara
c. gerakan

5. Ketika mengeja sebuah kata, yang anda lakukan adalah :
a. membayangkan kata itu
b. menyebutnya dengan keras
c. menuliskannya

6. Apa yang lebih anda sukai ?
a. lukisan
b. musik
c. menari/ olah raga

7. Ketika mendapat petunjuk cara passing, apa yang lebih anda sukai ?
a. diberi gambar untuk ditirukan
b. diberi tahu dengan kata-kata bagaimana cara melakukannya
c. diberi contoh untuk diperagakan secara langsung

8. Mana yang lebih sering anda katakan :
a. kelihatannya bagus
b. kedengarannya bagus
c. rasanya enak

9. Ketika membaca, apa yang anda lakukan ?
a. melihat bacaan sambil membaca dalam hati
b. membaca dengan bersuara
c. menggunakan jari untuk menunjuk bagian yang dibaca

10 Ketika ingat pasar, apa yang pertama kali muncul dalam pikiran anda ?
a. pemandangan tentang orang-orang yang berbelanja dan barang-barang yang diperjualbelikan
b. ramainya suara orang-orang di pasar
c. orang-orang yang hilir mudik dan lalu lalang di pasar






11. Ketika akan tidur, apa yang terpenting buat anda ?
a. kamar yang gelap/samar/terang
b. kamar yang tenang tidak berisik
c. tempat tidur yang nyaman



KUNCI TES GAYA BELAJAR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN

Hitung berapa jumlah jawaban anda yang memilih a, b, atau c :
Jika jawaban anda lebih banyak A ANDA SEORANG PEMBELAJAR VISUAL
Jika jawaban anda lebih banyak B ANDA SEORANG PEMBELAJAR AUDITORI
Jika jawaban anda lebih banyak C ANDA SEORANG PEMBELAJAR KINESTESIS
IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN

JIKA ANDA SEORANG PEMBELAJAR VISUAL

Gunakan sketsa, grafik, diagram dari apa yang sedang anda pelajari
Ketika membaca teks, gunakan spidol warna untuk menandai informasi penting / baru
Pejamkan mata, buat bayangan, gunakan imaginasi dari subyek yang sedang anda pelajari

JIKA ANDA SEORANG PEMBELAJAR AUDITORI

Gunakan suara keras ketika membaca, buat suara anda bervariasi untuk memperkuat ingatan
Gunakan kaset untuk merekam ceramah guru atau suara anda sendiri ketika membaca, dan anda dapat memutar kembali ketika belajar
Belajarlah bersama teman / berdiskusi, ini merupakan cara yang baik untuk memanfaatkan kekuatan auditori anda
Pada akhir pembelajaran atau diskusi kelas / kelompok, catatlah kata-kata kunci tentang materi yang dipelajari. Ini akan merangsang diskusi internal tentang apa yang terjadi selama diskusi.

JIKA ANDA SEORANG PEMBELAJAR KINESTESIS

Peragakan apa yang sedang anda pelajari
Gunakan spidol warna untuk menandai informasi penting / baru
Tandai setiap akhir paragrap yang telah anda baca dan pahami
Jika mungkin, berjalan-jalanlah sewaktu membaca atau mendengarkan
Buatlah peta belajar dari materi yang sedang anda pelajari
SEMAKIN BANYAK INDERA YANG ANDA LIBATKAN,
SEMAKIN KUAT KESAN YANG ANDA PEROLEH
SEMAKIN BANYAK CARA ANDA DAPAT MENJAJAKI
SUBYEK PEMBELAJARAN ANDA,
SEMAKIN BANYAK INFORMASI YANG ANDA PEROLEH

JANGAN BERGANTUNG PADA SATU INDRA UTAMA YANG ANDA SUKAI,
TETAPI COBALAH

MENAMBAHKAN UNSUR-UNSUR LAIN UNTUK MENCIPTAKAN PROSES BELAJAR YANG MENGGUNAKAN MULTISENSORI
ٱلْØ­َÙ…ْدُ Ù„ِÙ„َّÙ‡ِ رَبِّ ٱلْعَٰÙ„َÙ…ِين

Arsip Blog

Maidi Wanariva

Belajar itu jangan setengah-setengah, nanti hasilnya juga setengah-setengah. ada kalanya kita mencoba berekspresi dengan kreatif keren seperti ini untuk merespon otak agar tetap bisa berkarya....Read More