Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2
Kumai
Kelas : VIII
Semester : 2
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Jenis Teks : Percakapan Transaksional dan Interpersonal
Keterampilan : Mendengarkan (Listening)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Mendengarkan
7.
Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Mendengarkan
7.1.
Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur meminta, memberi menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, memberi
dan mengingkari informasi, dan meminta dan memberi dan menolak pendapat, dan
menawarkan / menerima / menolak sesuatu.
I
Membuat ungkapan
untuk meminta, menerima jasa dan barang Secara Cermat, Cepat dan tepat.
I
Membuat
ungkapan untuk menerima dan menolak penawaran dengan Santun.
I
Meminta,
memberi dan mengingkari informasi.
I
Mengekspresikan
perasaan terhadap sesuatu dengan jujur
Setelah mengikuti proses
pembelajaran siswa dapat:
Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek
sederhana berbentuk percakapan transaksional dan interpersonal secara cermat, cepat dan tepat dengan cara:
1.
menemukan informasi tersurat
2.
menemukan informasi tersirat
3.
menemukan ide pokok paragraph
4.
menemukan gambaran umum teks
5.
menemukan makna kata, frase atau kalimat
6.
menemukan rujukan kata
7.
menyebutkan tujuan teks
Menarik kesimpulan secara cermat, cepat dan tepat tentang;
1.
Ciri
kebahasaan teks
2.
tujuan komunikatif teks
3.
langkah retorika teks
a. Percakapan transaksional dan
interpersonal lisan tentang Teenager Life Style
b.
Kosa kata terkait tema / jenis teks.
Mis. – ask -
accept - service
Obligation - request -
permission
c.
Ungkapan
1. Meminta, menerima jasa/bantuan
A
: Would You mind helping me?
B
: Not at all
2 Menyatakan
penawaran
A :
Would you like to go with me?
B
: Sure
3 meminta,
memberi dan mengingkari informasi
A : How do
you go there?
B : I go
there by Bus
4 Mengekspresikan
perasaan terhadap sesuatu
A : What
makes you angry?
B : I
angry because somebody steal my pen.
Three-Phase
Technique
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit )
a. Greeting.
b. Calling
the roll.
c.
Menyiapkan kondisi siswa dan kelas.
d.
Elisitasi seputar
kegiatan yang telah dilakukan.
· Menghubungkan
materi yang akan diajarkan dengan materi yang telah diajarkan sebelumnya (My favorite drink is banana milkshake).
e.
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
b. Kegiatan Inti ( 60 Menit )
Teacher
Directed (
Ekplorasi )
1)
Siswa mengikuti
My favorite
drink is banana milkshake.
2)
Siswa
dengan “My
favorite drink is banana milkshake” terbanyak menuliskan kata-kata
yang diperolehnya di papan tulis.
3)
Siswa bekerja individu untuk
melakukan persiapan running dictation.
Guided
Construction (
Elaborasi )
1)
Masing-masing Siswa
mengoreksi teks yang dihasilkan berdasarkan teks asli dan melaporkan hasilnya dengan jujur kepada guru.
2)
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks dalam running dictation yang diperdengarkan oleh guru secara individu.
3)
Salah
seorang siswa membacakan hasil jawaban masing-masing.
10.
Independent Construction ( Komfirmasi )
a.
Siswa
secara individual
menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan transaksional dan interpersonal
yang diperdengarkan oleh guru secara tertulis.
c
Penutup (10 menit)
a.
Guru dan siswa membuat simpulan pelajaran.
b.
Guru dan siswa melakukan refleksi sederhana terhadap
kegiatan yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran.
d.
Guru memberikan
test.
a. Contoh percakapan transaksional dan
interpersonal lisan pendek sederhana
b. Buku Teks Fokus, Penulis Etik T, Siti.AH,
Arni Ferra, Penerbit CV Sindunata
c. Gambar – Gambar yang relevan
1. Indikator penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen Penilaian
|
1. Menemukan:
a. informasi
tersurat
b. informasi
tersirat
c. ide
pokok paragraph
d. gambaran
umum teks
e. makna
kata, frase atau kalimat
f. rujukan
kata
2. Menyimpulkan:
a. tujuan
teks
b. langkah
retorika teks
|
Tes Tulis
Penilaian
diri
|
Pilihan Ganda
Lembar
penilaian diri
|
Lampiran 1
Lampiran 2
|
1 Pedoman Penilaian
1
|
Setiap
jawaban benar mendapat
skor 1.
|
3.
Instrumen Penilaian
LAMPIRAN 1
- Mendengarkan
I. Listen to the following text, and then choose the best alternatives
Audio:
My favorite drink is banana
milkshake. To make a glass of banana milkshake you need one large banana or two
small bananas, vanilla ice cream, milk, and sugar. This is the way of how to
make a glass of banana milkshake. First, blend the banana, ice cream and sugar.
Then add milk to your taste. After that, blend again till smooth and creamy.
Finally, serve it using a glass or mug.
Questions:
1. Audio:
What is the writer favorite drink?
Students’
worksheet:
a.
Vanilla ice cream.
b.
Banana juice.
c.
Milkshake.
d.
Milk.
2. Audio:
To make a glass of banana milkshake, we need…. Ingredients.
Students’
worksheet:
a.
3
b.
4
c.
5
d.
6
3. Audio:
How many small bananas do we need?
Students’
worksheet:
a.
2
b.
3
c.
4
d.
5
4. Audio:
What should we do before adding milk?
Students’
worksheet:
a. Blending
the banana till smooth and creamy.
b.
Blending the banana, ice cream and
sugar.
c.
Serving it using a glass.
d.
Adding more bananas.
5. Audio:
What container do we use to serve it?
Students’
worksheet:
a.
A bowl.
b.
A plate.
c.
A pan.
d.
A mug.
LAMPIRAN 2
b. Self Assesment on Honesty
Name :
Students’ No. :
Class :
No
|
Statements
|
Always
|
Sometimes
|
Never
|
During
the running dictation:
|
||||
1
|
I
copy the text instead of dictating it.
|
|||
2
|
I
copy the text off other groups.
|
|||
3
|
I
report the re-creation text honestly.
|
Mengetahui : Sungai Rangit, Januari
2012
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
J U
N A I
D I,S.Pd.PKn MAIDI
PURNAMAWANTO,S.Pd
NIP. 19660513 199003 1 008 NIP.19690505 200604 1 014
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ
ٱلْعَٰلَمِين
Silahkan berkomentar Sesuai Tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar, Terima Kasih...